Latihan Soal Diagnosa PC Jaringan (XI TKJ)
Latihan 1


1.         Apabilasuatu peripheral belumterinstaldrivernya, pada device manger akantampil….
a.  Tanda Tanya (?) warnakuning
b.  Tandaseru (!) WarnaKuning
c.   Tanda X warnamerah
d.  Tandaseru (!) warnaMerah
e.  Tidakadatanda
 2.     Dalam sistem jaringan LAN sering kita menyebut permasalahan yang menyebabkan seluruh atau sebagian jaringan terganggu disebut....
a. Jaringandalamkondisi down
b. Jaringandalamkondisi Bad
c. Jaringandalamkondisi Hang
d. JaringandalamkondisiJatuh
e. JaringandalamkondisiBaik
 3.      Apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti terjadi gangguan atau kerusakan pada….
a. Workstation
b. Kabeldankonektor
c. Network Interface Card
d. Server
e. Client
 4.      Hub/switch merupakan terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan (Network Card). Jika Hub mengalami kerusakan berarti ....
a.  Komputer server takberfungsi
b.  Komputer workstation takterkoneksi
c.   Seluruhjaringantidakdapatberkomunikasi
d.  Komputer workstation terkoneksi, workstation takterkoneksi
e.  Semuakomputerdapatsalingberkomunikasi
 5.      Komputer tidak dapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputer lain yang telah aktif dalam jaringan tersebut, berarti kerusakan pada ....
a. Workstation lain
b. Komputer Workstation itusendiri
c.   Network Interface Card komputer lain dan server
d.  Computer Server
e.  Semua Salah
 6.      Untuk mendeteksi kerusakan pada Hub dapat dilakukan dengan….
a.      Ditestdengan multi tester
b.      Ditestdengan LAN tester
c.       Ditestdengan test pen
d.      Dilihatpadalampu indicator
    e.      SemuaBenar
 7.      Indikator yang dapat dilihat dalam hal kondisi (rusak/tak berfungsi atau berfungsi) kartu jaringan adalah ....
a.      hidup/matinyalampuindikator yang terdapatpada NIC
b.      hidup/matinyalampuindikator yang terdapatpada Hub/switch
c.       hidup/matinyalampuindikator yang terdapatpada NIC danpada Hub/switch
d.      harusditestdenganmultimeter
e.      Harusdibuang
 8.      Dengan melakukan perawatan secara berkala dibandingkan melakukan perawatan saat terjadi kerusakan saja biaya yang dikeluarkan akan ....
a.      Lebihbanyak
b.      LebihSedikit
c.       SamaSaja
d.      TidakTentu
    e.      Tidak Ada
 9.      Untukmelihatindikasipadakonfigurasi IP yang terpasangpadaKomputerkita....
a.      Ifconfig
b.      Ipconfig
c.       Ping
d.      Iptables
e.      Tracert
 10.    Apabilaperangkat yang ditujudanmendapatrespon Reply from xxx.xxx.xxx.xxx bytes=32 time<10ms makakoneksijaringanmenandakan="makakoneksijaringanmenandakan" span="span" ttl="32">
a.      Terkonkesi
b.      TidakTerkoneksi
c.       Perangkattidak Ada
d.      Salah Pengiriman
e.      PerangkatEror
11.    Apabila Perangkat yang dituju tidak mempunyai balasan dari perangkat tujuan karena tidak ada perangkat yang dituju akan mendapat respon ....
a.      Reply from
b.      Request Time out
c.       Destination Unrecheable
d.      Hardware Eror
e.      Connect
12.    Yang bukan merupakan peralatan vital yang digunakan untuk membangun suatujaringan yaitu kecuali ....
a.      Komputer server &Komputer workstation
b.      KabeldanKonektor
c.       NIC
d.      HUB/Switch
e.      Repetear
 13.    Yang bukan termasuk kesalahan atau kerusakan pada hardware yaitu....
a.      Server
b.      KesalahanPengalamatan IP
c.       KabeldanKonektor
d.      HUB/Switch
e.      KartuJaringan
 14.    Jikahasildariperintah ping padalayaradalah Request time out berarti….
a.    koneksijaringanbaik
b.    koneksijaringanbelumjalan
c.    koneksijaringanlambat
d.    perintah ping tidakjalan
e.    setting IP Address sudahbenar
15.    Jika hasil uji jaringan menunjukkan koneksi belum jalan, maka lakukan langkah langkah tepat berikut ini, kecuali….
a.      memeriksakabeljaringan
b.      memeriksacatudayapada switch/hub
c.       memeriksa setting IP Address
d.      me-restartPC
e.      memeriksalampuindikatorpada NIC
Latihan 2


1.   Test yang dilakukan oleh PC untuk mengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC adalah....
a.     Diagnosa                                   d.   POST
b.     Perbaikan                                  e.   Trobleshooting
c.     POS
2.     POST memungkinkan user untuk dapat,kecuali....
a.     Mendeteksi kesalahan                               
b.     Mengisolasi kesalahan
c.     Mendiagnosa kesalahan             
d.     Memperbaiki kesalahan
e.     Menentukan kesalahan
3.     “Keyboard error or no keyboard present”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saat booting komputer tidak mendeteksi adanya.....
a.     Mouse                           d.   Hardisk
b.     Keyboard                      e.   Monitor
c.     Ram
4.     Langkah awal yang harus dilakukan jika keyboard tidak terdeteksi adalah…….
a.     Membongkar  PC                        d.   tutup baterai
b.     Melepas kabel mouse     e. Mengecek kabel keyboard
c.     Mengganti Keyboard baru
5.     Masalah yang timbul jika fan pada komputer mati adalah…..
a.     Komputer akan cepat panas
b.     Komputer sering hang
c.     Komputer reboot dengan sendirinya
d.     Komputer berjalan tidak normal
e.     Semua jawaban benar
6.     Monitor gelap saat loading windows disebabkan oleh......
a.     Monitor mati
b.     Kabel monitor tidak terpasang dengan benar
c.     Seting driver monitor tidak tepat
d.     Monitor tidak sesuai
e.     Semua jawaban salah    
7.     Masalah yang sering muncul pada printer adalah.....
a.     Printer tidak dapat mencetak
b.     Printer gagal menarik kertas
c.     Kertas pada printer macet
d.     Masalah pencetakan tidak bagus
e.     Semua jawaban benar
8.     Yang termasuk klasifikasi permasalahan hardware eksternal adalah…..
a.     VGA                              d.   Virus
b.     Chip BIOS                      e.   Scanner
c.     Hardisk
9.     Untuk mengetahui bagian hardware pada PC kita menggunakan tool......
a.     System information
b.     Direct X
c.     Disk clean up
d.     Device manager
e.     Semua jawaban benar
10.  Tool yang digunakan untuk mengecek peripheral adalah….
a.     Device manager             d.   Printer Tool
b.     System information        e.   Semua jawaban benar
c.     DirectX
11.  Tool untuk diagnosa printer adalah….
a.     Device manager
b.     Printerl tool
c.     DirectX
d.     System information
e.     Disk clean up
12.  1 beep panjang pada kode beep AWARD BIOS berarti…….
a.     PC dalam keadaan baik  
b.     Problem di memori
c.     Kerusakan di VGA
d.     Kerusakan di Monitor
e.     Kerusakan di modul DRAM parity
 13.  Jika hasil cetakan bergaris maka kita lakukan…….
a.     Nozzle check     
b.     Print Head alignment
c.     Cleaning and deep cleaning
d.     Ink counter reset
e.     Low ink warning setting
14.  1 beep pendek pada kode beep Award BIOS merupakan pesan ….
a.     PC dalam keadaan baik                          
b.     Kerusakan di memori
c.     Problem di memori                                
d.     Kerusakan di Monitor
e.     Kerusakan di VGA
15.  Jika terdapat tanda seru warna kuning pada device manager, ini berarti…….
a.     Peripheral tidak bermasalah           
b.     Ram error
c.     Peripheral bermasalah                
d.     Printer bermasalah
e.     Suhu terlalu tinggi
16.  Perintah untuk mengakses DirectX adalah…..
a.     ping                              d.   msconfig
b.     cmd                              e.   regedit
c.     dxdiag
17.    CHKDSK merupakan aplikasi berbasis DOS yang berfungsi untuk…
a.      Memeriksa keadaan hardisk
b.      Membasmi virus
c.      Mendefrag hardisk
d.      Memformat hardisk
e.      Menginstal windows
18.    Jika Ram mengalami masalah, maka tampilan pada monitor adalah…
a.      Tampil windows lalu berhenti
b.      Muncul blue screen
c.      Blank
d.      Komputer restart
e.      Tidak dapat menyala
19.    Komputer tidak mau menyala sama sekali hal ini disebabkan….
a.      Ram rusak
b.      Monitor mati
c.      Power supply bermasalah
d.      Vga rusak
e.      Sistem operasi corupt
20.    Monitor tidak menampilkan apa-apa, maka yang harus kita periksa adalah,kecuali…
a.      Kabel power monitor
b.      Ram
c.      VGA
d.      Power supply
e.      Program aplikasi
1.   Sebutkan peralatan vital yang harus dimiliki untuk membangun sebuah jaringan beserta fungsinya masing-masing dalam jaringan tersebut!
2.     Sebutkan dan jelaskan topologi fisik jaringan yang ada minimal 2 buah serta keuntungan dan kerugiannya!
3.     Dalam Jaringan apakah perlu dilakukan perawatan? Kalau perlu berapa jangka waktu perawatannya?
4.     Apa yang dimaksud dengan jaringan peer to peer dan peer to server (client server) apa keuntungan dari masing-masing ?
5.     Bagaimana penanganan pengisolasian kerusakan pada jaringan dengan topologi Bus danpengaruhnya terhadap dengan topologi tersebut.
6.     Bagaimana penanganan pengisolasian kerusakan pada jaringan dengan topologi Star dan pengaruhnya terhadap system jaringan tersebut.
7.     Menurut anda lebih mudah pengisolasian pada jaringan pada topologi star atau topologi Bus? Apa kemudahannya?
8.     Pada saat isolasi permasalahan secara software hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan? Mengapa?



0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar