Gelang antiStatis

Sebelumnya pasti kamu bertanya dalam benakmu “apa itu gelang anti statis dan untuk apa”. Saya akan membahas sedikit tentang ini dulu sebelum cara membuatnya dan apa saja bahannya.
Gelang anti statis adalah gelang yang dipakai di tangan (ya iyalah masak ya iya donk). Nie arti sebenarnya menurut saya, gelang antistatis yaitu gelang yang menyalurkan listrik statis di tubuh kita langsung ke tanah. Fungsinya yaitu membantu kita dalam merakit komputer, maksudnya agar listrik statis di tubuh kita tidak terkena ke komponen yang hendak dipasang. Jika listrik statis terkena komponen, misalnya RAM yang bisa dipakai 3 tahun atau lebih, jika terkenaa listrik statis tidak akan berumur panjang biasanya 5-6 bulan saja, Gitooouu. Paham gak kalau gak paham tanya aja tapi angkat tangan dulu ya!!!
Nah sekarang bahan untuk membuat gelang anti statis, yaitu:
Bahan yang paling penting yaitu UANG/DUIT
Kabel skerem (Rp 1.750,00)
Mulut/penjepit buaya tapi dari besi bukan yang asli (Rp 1.000,00)
Skun (Rp 400,00)
Benik/kancing jaket (Rp 250,00)
Karet elastis warna terserah, lebar 2,5 cm dan panjang 25 cm (Rp 1.500,00)
Alat untuk menyatukan ujung karet, bisa dg yang dipakai untuk tas. Bahan ini terserah kamu pokoknya ujung karet bisa dipasang dan dilepas dengan alat ini…(Rp cari aja,00)
Setelah bahan siap sekarang cara membuat, yaitu:
1. Tarik nafas hembuskan begitu seterusnya sampai kamu mati.
2. Salah satu ujung kabel dikupas isolatornya (plastik) pasangkan ke penjepit buaya di bagian yang di tutupi isolator, cara memasangkan bisa dengan disolder. Setelah disolder langsung pegang soldermya pasti panas sekali!!! Hehe jangan dilakuin lo
3. Ujung satu yang lain dikupas isolatornya pasang pada skun setelah itu disolder lagi. Skun ini berfumgsi penyambung antara kabel dan kancing. Terus pasang skun ke kancing lalu palu kancingnya.
4. Istirahat dulu sambil minum kopi dan cemilan ketela rebus.
5. Lanjuuut, pasang pasangan kancingnya di karet tapi di tengah karet ya…. Setelah itu palu kancingnya…..
6. Ni langkah terakhir yaitu pakai bahan yang terakhir….
7. Selesai, Finish, Mantun.
Jika gak paham tanya, OK!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tinggalkan Komentar